Sabtu, 26 Mei 2018

Review : Sepatu Badminton Eagle Stargate, si Murah Ringan dan Lumayan

Assalamualaikum Wr. Wb
Yah setelah lama akhirnya dalam kesbukan skripsi ini saya dapat memulai kembali menulis di blog ini :D. Daripada saya sedih mikir skripsi yang terus ditanyai "kaoan selesai?" "kapan lulus?" manding saya review lagi ya :). kali ini saya akan mereview sepatu badminton buatan dari eagle yang bisa dibilang 'LEGEND' produsen sepatu di Indonesia. 
Sedikit bercerita, sebenarnya saya dulu pernah dibelikan ibu saya sepatu eagle kalau tidak salah namanya eagle hollywood, salah satu sepatu badminton dari eagle juga. Namun saya jujur salah sangka soalnya sepatu tersebut walau ada embel2 "bandminton" tapi kalau boleh jujur sangat tidak nyaman untuk dipakai main badminton. Tidak empuk sama sekali dan juga traksionnya bisa dibilang sangat buruk, sehingga saya menghindari sepatu badminton merek eagle. Namun itu berubah setelah saya melihat ada salah satu pemain muda potensial yang memakai sepatu eagle. Namanya Ihsan Rumbay, mungkin karena ia sponsornya eagle maka dia pakai sepatu tersebut, namun disamping skill outware seperti sepatu tentu juga ikut menunjang prestasi dari atlit itu sendiri, kalau memang nggak nyaman mana mungkin dia paka sepatu eagle itu terus. Tetapi ada masalah ketika saya berminat membeli sepatu yang juga dipakai oleh si Rumbay. Ternyata sepatunya belum dijual secara umum. Seperti dibawah ini sepatunya si rumbay
(Eagle Badminton Rogue, sepatu signature Ihsan Rumbay)

Sempat kecewa karena barang yang saya ingin tidak dapat, akhirnya saya menggunakan sepatu running biasa untuk main badminton. Namun, setelah berkali-kali sobek dan mulai menunjukkan ketidaknyamanan menggunakan sepatu running. Akhirnya saya membulatkan tekad untuk membeli sepatu Badminton murah, dan saya tidak ragu untuk si Eagle Stargate ini :D. Pencarian sepatu ini sebenarnya bisa dengan mudah dicari lewat online, namun karena ukuran kaki saya yang emang sudah lebih besar dari 4 tahun lalu, akhirnya saya mencoba mencari sepatu ini di toko fisik tepatnya di outlet matahari Tunjungan Plasa, tetapi sia sia. Ternyata disana tidak ada si Stargate ini sehingga akhirnya saya beli online lewat tokopedia seharga Rp 275.000 (Harga Maret 2018). Setelah menunggu 3 hari akhirnya sepatu itu datang :D. Berikut penampakannya;



Saya membeli ukuran 44 atau kira-kira 28cm. Setelah sampai sebetulnya saya agak kecewa karena ada sedikit cacat, walau tidak terpengaruh tapi ya namanya cacat ya merugikan, dan ini murni kesalahan waktu produksi, dapat dilihat diwah ini.
Dibagian sirkulasi sebenarnya tidak terputus seperti itu, namun jahtannya lepas akhirnya daripada mengganggu potong saja, dan apabila diperhatikan dengan teliti potongan biru merah itu tidak sama loh bagian kanan dan kirinya, semoga pihak eagle segera mencegah kejadian ini terulang lagi.

Oke kita langsung saja review sepatu ini, beberapa hal yang menjadi sorotan adalah tracktion, cushion, material, support, dan fit (uji hedonik ini terinspirasi dari laman Youtube Kolab Indonesia :D). Namun sebelum itu kita perlu tahu terdapat teknologi apa saja yang diberikan dari pihak eagle mengenai sepatu ini. 

STARGATE (Eagle.co.id)

  • Breathable Upper
  • Extra Comfort Lining
  • Extra Cushion Bottom
  • Back Counter Stabilizer Support
  • Bone Guard Extra Stable
  • Power Grip
  • XMov Badminton Bottom
  • Ultra Fit Insole
37-45
Blue/Crimson
Red/Dk.Grey
Grey/Red

Sebenarnya saya tidak begitu paham dengan itu semua karena tidak semuanya tertulis di sepatu.

TRACKTION
Pada traktion saya cukup puas dengan performa yang diberikan, memang tidak seceket dari lining champion, namun sangat pas untuk mendukung kemampuan drive dari pemain. maksudnya tidak ceket itu nggk langsung nggigit waktu turun lapangan sehingga menurut saya untuk melangkah-langkah kecil pemain tidak merasa berat. Denagn teknologi yang tertulis jelas pada outsole sehingga sepatu ini terlihat kokoh dan awet

CUSHION.
Sedikit kecewa pada aspek ini karena yang saya tau sepatu badminton itu empuk, dengan cushion yang "agak empuk" ini (cenderung keras dikit seperti cuma dikasih busa) pergerakan kaki jadi ringan. yah semua itu pasti ada positif negatifnya. tetapi selama saya menggunakan sepatu ini telapak kaki saya tidak pernah merasakan sakit, sehingga saya betah-betah aja pakai sepatu ini berjam-jam. Mungkin kalau mau lebih embuk atau lebih nyaman insolenya bisa diganti dan untungnya insole dari sepatu ini dapat dilepas.

MATERIAL
Bahan yang digunakan sepatu ini perpaduan kulit sitetis yang cukup tipis tapi kuat dan dicampur dengan mesh berlubang yang sangat mudah udara untuk masuk keluar sehingga terasa "isih"dan jga diberi hiasan aga bling-bling gitu jadi berpenampilan lebih menarik. Tali pada sepatu ini juga sangat berkualitas, ikatat standar yang biaa saya gunakan sangat awet untuk tiga set, BAHKAN LEBIH.

SUPPORT
Untuk support sepatu ini sangat membantu sekali karena ketika ditali bisa mengunci kaki da juga dilengkapi dengan pelindung tumit, memang agak keras tapi cukup buat mengunci tumin agar tidak geser-geser.

FIT.
Saya membeli ukuran yang saya biasa pakai, memang pada keterangan di idah sepatu tidak memberikan keterangan berapa cm, tetapi setelah saya coba sepatu ini sam ukurannya seperti sepatu Legas(nati direview :D) yang pernah saya beli sehingga cocok untuk kaki saya.

CONCLUSION
Dari penjelasan diatas, sebenarnya sepatu ini recomended untuk dibeli sama pemain badminton entah amatir ataupun profesional, tetapi mungkin catatan untuk insole mungkin bisa diganti agar mendapatkan feel yang lebih nyaman (walaupun harga insole untuk badmnton juga tidak murah :D). DENGAN HARGA DIBAWAH 300rb sepatu ini bisa kakak-kakak coba untuk dibeli karena overall kualitasnya menurut saya cukup bagus.

Dari sepatu ini sebernarnya bisa dilihat bahwa eagle mulai serius dalam menggarap sepatu badminton, karena setahu saya eagle dulu lebih condong ke sepatu running, walaupun ada beberapa hal yang menurut saya kurang masuk dihati, tapi itu tidak mengurangi kemampuan dari sepatu ini.

Akhir kata Wassalamualaikum Wr. Wb

Surabaya, 27 Mei 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar